Jumat, 17 Februari 2012

Apple Luncurkan Mountain Lion OS Versi Developer Preview

Jumat, Februari 17, 2012
Mountain Lion OS XApple secara resmi telah mengumumkan preview Mountain Lion, update terbaru untuk sistem operasi Mac. Update tersebut, dirilis untuk pengembang perangkat lunak, "membawa aplikasi dan fitur populer dari iPad ke Mac", ungkap Apple. Software ini juga mencakup Gatekeeper, sebuah fitur yang memberikan keamanan tambahan saat men-download aplikasi.

Dengan diluncurkannya Mountain Lion menunjukkan bahwa Apple sedang mencoba untuk menggabungkan fungsi dan program yang biasanya hanya bisa ditemukan pada smartphone dan tablet ke komputer desktop. Sistem baru ini mencakup aplikasi seperti Game Center dan Pesan, yang keduanya merupakan fitur yang sudah akrab dijumpai bagi sistem operasi mobile Apple iOS.

Dalam pernyataan pers Philip Schiller, wakil presiden senior Apple bidang pemasaran di seluruh dunia mengatakan bahwa Mountain Lion akan "mengukuhkan laju perkembangan sistem operasi komputer pribadi paling canggih di dunia".

Dengan Gatekeeper, Apple mencoba untuk meningkatkan perlindungan saat men-download aplikasi dari internet. Apple mengatakan fitur tersebut: "Memberikan Anda kontrol atas aplikasi yang dapat didownload dan diinstal pada perangkat Mac Anda."

Pengguna dapat memilih untuk menginstal aplikasi dari sumber manapun - dari Apple dan pengembang terdaftar - atau secara langsung dari Mac App Store. Reaksi terhadap langkah-langkah keamananpun sejauh ini telah dipadukan.

Beberapa situs berita teknologi menunjukkan bahwa jika pengembang yang terdaftar di App Store dicabut hak-hak-nya karena dugaan penyebaran malware, Gatekeeper tidak akan menghapus aplikasi terduga mengandung malware yang sudah diinstal.

"Kecuali diyakini mengandung malware, setelah Anda meng-OK-kan, tidak akan diperiksa lagi," tulis Adrian Kingsley-Hughes di ZDNet.

Gatekeeper akan membantu mengidentifikasi jika sebuah aplikasi telah dimodifikasi sehingga berpotensi untuk menyertakan malware, namun tidak akan mengeluarkan sang pengembang aplikasi atau produk yang mereka buat. "Hal ini bukanlah pemeriksaan latar belakang untuk para pengembang," tulis Jason Snell di Computer World. "Mendapatkan sertifikat pengembang tidak seperti mendapatkan paspor atau SIM."

Apple belum menyebutkan berapa biaya yang harus dikeluarkan konsumen untuk mendapatkan sistem operasi Mountain Lion. Namun, Pengguna akan dapat melakukan upgrade ke Mountain Lion pada akhir musim panas 2012.

TERPOPULER

Terkini