Minggu, 01 Januari 2012

Random Acces Memory (RAM) / Memory Akses Acak

Minggu, Januari 01, 2012
Memori akses acak atau yang biasa dikenal dengan istilah dalam bahasa Inggris sebagai Random access memory, disingkat RAM merupakan sebuah tipe penyimpanan pada sistem komputer berupa data yang dapat diakses dalam waktu tertentu dan tetap tanpa memperdulikan lokasi data tersebut dalam memori.

Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

RAM Pertama kali diperkenalkan sekitar awal tahun 60'an. Hanya saja, pada saat itu penggunaan memori semikonduktor belum sepopuler sekarang karena harganya yang sangat mahal. Saat itu perangkat komputer lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic yang relatif lebih murah dan mudah untuk digunakan.

Perusahaan semikonduktor terbesar seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM, lebih tepatnya jenis DRAM. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (read-only-memory), RAM biasanya digunakan sebagai penyimpanan primer (memori utama) dalam sistem komputer untuk kemudian digunakan dalam proses pengolahan informasi secara aktif, meskipun beberapa perangkat dapat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.

Dalam prakteknya, seringkali ada yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM.

TERPOPULER

Terkini